LANGUAGE FESTIVAL AT MA NU BANAT KUDUS

Print

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bulan Februari merupakan bulan Bahasa dalam satu bulan penuh, di awali dengan kegiatan Kulim berbahasa Arab Kelas x dan Kulim berbahasa Inggris untuk Kelas XI, Selama satu bulan full Peserta Didik diajarkan berbahasa asing, setiap hari Selasa dan Kamis diadakan monitoring Zona Bahasa atau Biah Lugoh.

Rabu, 20 Februari 2019. Pembukaan festival Bahasa yang dibuka oleh Bapak H. Ahmad Manshur, S.Pd.I., sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) dan sekaligus Ketua Panitia Festival Bahasa menyampaikan dalam pidatonya yang berbahasa arab (yang diterjemahkan kurang lebihnya seperti ini) yaitu selalu memotivasi peserta didik gemar menggunakan Bahasa Asing dari segi Listening Skill atau maharot Al- Kalam yang mana sesuai tema bulan Bahasa tahun 2019 adalah : تَحَدُّثُ اللُّغَة ألأجْنبيّة بِطَلاَقَةٍ ( Spontaneous speaking ability ) dan juga  bertujuan  untuk menggali bakat-bakat peserta didik dan bagi peserta didik yang meraih juara nantinya bisa dibina dan diikutsertakan dalam kompetisi yang lebih tinggi  . Harapan dalam bulan Bahasa ini agar menjadi ajang  peserta didik  untuk melatih dan membiasakan  dalam berbahasa asing dengan baik dari segi percakapan . Dengan demikian Peserta didik dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan selalu berusaha berani bertutur  dalam berbahasa Arab dan Inggris. Menumbuhkan rasa percaya diri, tidak ragu dan tidak malu untuk berbicara menggunakan Bahasa asing. Penguasaan Bahasa Asing dari segi Listening Skil atau maharotul kalam ini bisa tempuh dengan cara ; mendengarkan percakapan berbahasa asing lewat berbagai media, dan menghafalkan setiap kalimat yang di dengar baik lewat media maupun lewat lawan bicara ,serta  melatih,  membiasakan berbicara,  mengucapkan, mengulangi dengan lisan disertai suara yang keras. Beliau juga menyampaikan dalam pidatonya bahwa dalam Bahasa ada empat skill atau maharoh yaitu

1)    Maharot al- Istima’ atau Listening Skill yaitu Kemampuan mendengarkan

2)    Maharot al-kalam atau Speaking Skill yaitu Kemampuan bicara

3)    Maharot al- Qiroah atau Reading Skill yaitu Kemampuan membaca

4)    Maharot al-kitabah atau Writing Skill yaitu Kemampuan menulis

Hari Rabu, 20 Februari 2019 dan Kamis, 21 Februari 2019 setelah pembukaan festival Bahasa diisi dengan kegiatan Language Festival MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, sebagai berikut :

1)      Pidato Bahasa Arab (Kelas X) dan Pidato Bahasa Inggris (Kelas XI)

2)      Membaca Puisi Bahasa Arab (Kelas X) dan Bahasa Inggris (Kelas XI)

3)      Menyanyi lagu Bahasa Arab (Kelas X) dan Bahasa Inggris (Kelas XI)

4)      English Arabic Olimpiade (Kelas X) dan Bahasa Inggris (Kelas XI)

5)      Debate Bahasa Arab (Kelas X) dan Bahasa Inggris (Kelas XI)

6)      Rportase Bahasa Arab (Kelas X) dan Bahasa Inggris (Kelas XI)

7)      Zona Bahasa : Bahasa Arab (Kelas X) dan Bahasa Inggris dan Bahasa Inggris (Kelas XI)

8)      Mading Bahasa Arab (Kelas X) dan Bahasa Inggris (Kelas XI)

9)      Kulim Bahasa Arab (Kelas X) dan Bahasa Inggris (Kelas XI)

Pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 merupakan puncak Language Festival diisi dengan talkshow dengan judul :  تَحَدُّثُ اللُّغَة ألأجْنبيّة بِطَلاَقَةٍ ( Spontaneous speaking ability ) dengan nara sumber Khoris Wahyuni, M.Pd.I. (Bahasa Arab) dan Nurul Ula Fadhila (Bahasa Inggris), mereka merupakan alumni MA NU Banat Kudus.

 

Pic 1. Sambutan Ibu Dra. Sri Roechanah, M.Pd.I (Kepala MA NU Banat Kudus) pada Pembukaan Language Festival

Pic 2. Pidato Bapak H. Ahmad Manshur, S.Pd.I. pada Puncak Language Festival

Pic 3. Moment Pra Acara Puncak Language Festival

Pic 4. Moment talkshow