OSIS MA NU Banat Kudus

KEGIATAN LDK DAN MAKESTA

 

Sebuah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dikatakan dapat berjalan jika pengurus osis tersebut berkenan untuk menjalankan tugas-tugas yang telah mereka emban. Sulit memang jika harus repot-repot membagi waktu antara organisasi dengan kewajiban kita sebagai pelajar. Tidak ada hal yang tidak mungkin, menyeimbangkan di antara keduanya bukanlah suatu hal yang mustahil,kalau kita niati dengan tulus ikhlas insyaAllah pasti bisa.

Acara Makesta yang diadakan pada tanggal 22 Oktober 2013 merupakan sebuah bukti nyata jika kita sebagai pengurus osis mampu menyukseskan OSIS MA NU BANAT. Bukanlah tanpa alasan, jika OSIS kita mengadakan kegiatan MAKESTA. Kegiatan MAKESTA sendiri di ikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan kelas XI,XII yang tidak mengikuti maupun tidak lulus dalam kegiatan makesta tahun lalu.Kegiatan Makesta merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh seluruh peserta disik di MA NU BANAT Kudus dan merupakan bagian dari syarat untuk bisa lulus di MA NU BANAT kudus.

 

Mereka di godok untuk menerima materi mulai pagi hari pukul 06.45sampai sore pukul 16.00. Tujuan kami mengadakan MAKESTA bukanlah hanya sekedar untuk menerima materi dari pagi sampai menjelang petang, tapi dengan tujuan agar peserta didik kelas X maupun kelas XI dan XII yang belum lulus dapat mengaplikasikan materi yang telah di terimanya.

Sesuai nama yang tersemat dari MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota), yang berarti kegiatan Makesta menguji Kesetiaan para anggota yang ikut andil di dalamnya. Makna Kesetiaan Anggota sendiri memiki cangkupan yang luas, dapat juga dimaknai sebgai pengajaran untuk mereka agar pandai dalam sosialisasi dengan sesama anggota, menguji loyalitas mereka dalam berorganisasi dan tak tanggung-tanggung bagi peserta yang lolos dan memang berminat untuk mengenal IPPNU lebih jauh dapat berlanjut untuk mengikuti pertingkatan LAKMUD, LAKUT, dan jenjang pelatihan lainya. Materi yang di berikan dalam Makesta berupa ke-pemimpinan dan ke-Organisasian,ke IPPNUan dan Ke-Protokolan.

Dalam pemberian materi makesta, para peseta di bina oleh pengajar yang memang benar-benar berkecimpung dalam keorganisasian khususnya IPNU- IPPNU, dalam bidang ke- IPPNUan di bawah bimbingan dari ibu Ana Shofawati yang merupakan ketua Pimpinan Cabang IPPNU kab.Kudus merupakan kepuasan tersendiri bagi kita bisa mendengarkan dan memahami materi langsung dari beliau,di lanjutkan dengan materi ke-Organisasian yang di sampaikan oleh : ibu Alil Ma’unah ,S.Pd.I dan materi ke-Protokolan yang di samapikan oleh : ibu Dwi Ervina Sari yang juga merupakan sekretaris cabang IPPNU kab.Kudus.Pemateri kita adalah sosok yang sudah handal dan berpengalaman dalam organisasi IPPNU semoga kita bisa meneruskan perjuangan beliau.Amindansemoga materi-materi yang telah di berikan kepada para peserta bukan hanya sekedar untuk mengikuti kewajiban dalam menghadiri acara makesta tapi juga membawa dampak positif untuk MA NU BANAT, sehingga terciptalah kader-kader yang cerdas dan mampu mengikuti arus perkembangan zaman dan dapat berguna untuk agama nusa dan bangsa.

Beda hari, beda kegiatan. itulah kata yang menggambarkan kegiatan OSIS yang terus berupaya untuk memajukan madrasah Aliyah NU Banat. Dua hari setelah kegiatan makesta berlangsung, kita mengadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) yang di adakan pada tanggal 11 November 2011 merupakan tanggal yang cukup unik yang di perebutkan oleh banyak orang untuk pelaksanaan moment yang istimewa dan di hari iyu juga merupakan moment yang istimewa buat sekolah kita karena tepat di tanggal tersebut kita melaksanakan salah satu progam OSIS yaituLDK . Sasaran pesertanya adalah seluruh pengurus osis masa khidmat 2011/2012 dan pengurus kelas yang terdiri dari ketua dan sekretaris kelas.

Ruang lingkupnya memang baru pengurus kelas dan pengurus osis, tapi di harapakan untuk pengurus osis dan pengurus kelas yang telah hadir dalam acara tersebut dapat memberikan suri tauladan untuk para anggotanya.

Dengan perubahan yang di awali dari pengurus osis dan pengurus kelas, tanpa perlu banyak bicara pada para anggota, kami mengharapkan kelak mereka dapat tanggap dalam menyikapi perubahan ke arah yang lebih baik dari pengurus osis dan pengurus kelas. Materi yang di berikan pada LDK adalah Ke-pimimpinan dan ke Admnistrasian,komunikasi dan teknik lobi,SPS dan tiba di materi yang paling akhir adalah ke-Organisasian yang di sampaikan oleh kepala MA NU Banat Kudus yaitu beliau Bpk.Drs.Moh Said.

Kegiatan LDK di MA NU Banat Kudus berlangsung sangat khidmat dan seluruh peserta LDK berantusias untuk mengikuti acara demi acara yang berlangsung, mereka mengerjakan tugas sesuai dengan yang di intruksikan oleh Pembina.Semoga semangat mereka untuk berorganisasi tidak hanya terhenti sampai di sini tapi akan terus berlanjut sampai kapanpun dan di manapun.Dan sesuai dengan tema yang di ambil yaitu “ Pemimpin yang cerdas dan berakhlaqul karimah “ semoga itu bukan formalitas belaka tapi akan menjadi sebuah realita bahwa siswi MA NU Banat Kudus mampu menjadi Pemimpin yang cerdas dan berakhlaqul karimah kelak di masa depan.


Madrasah Aliyah Banat NU Kudus is one of the educational institutions in which of all participants were female students. The presence of Madrasah Aliyah Banat NU Kudus as an effort to realize the ideals of its founders who want to raise the degree of women through education to produce forces women educators who have an intellectual and akhlaqul karimah accordance with the teachings of Islam Ahlussunnah Waljama'ah.

Google Maps

KONTAK KAMI

MA NU BANAT KUDUS
Jl. KHM. Arwani Amin, Krandon - Kudus, Jawa Tengah 59314
Telepon : 0291 - 443143 atau 08112716150
Fax : 0291 - 443143
Sms Information : 085866665439 (No Replay)