Visi & Misi MA NU Banat

Nama “Yanabi’ul ‘Ulum Warrahmah” adalah kolaborasi dua nama yang diberikan oleh KHM. Ulin Nuha Arwani dan KHM. Sya’roni Ahmadi, dua tokoh / ulama kharismatik di Kudus. Dan nama tersebut resmi digunakan pada tahun 2002.

Pondok pesantren tersebut berdiri pada tahun 1994, bersamaan dengan berdirinya Madrasah Aliyah Keagamaan ( MAK ) dengan nama Pondok Pesantren MAK. Pada awalnya pondok tersebut tidak dilengkapi dengan kurikulum pondok sebagaimana mestinya. Karena pondok pada waktu itu tidak lebih sebagaimana tempat pemondokan ( asrama ) siswa, sebagai syarat untuk mendirikan MAK. Materi pengajian dan pengajaran yang diberikan bersifat tutorial ( sore hari ) untuk menunjang materi kurikulum MAK.

Pada tahun 2000, materi tutorial mulai dikombinasikan dengan materi pelajaran diniyyah setingkat ‘ulya dan disempurnakan dengan pengajian kitab kuning pada malam hari. Ditengah-tengah kegiatan pembelajaran pagi hari untuk kurikulum Depag, sore hari untuk kegiatan tutorial dan malam hari untuk kegiatan pengajian kitab kuning, pelajaran al-Qur’an selalu diajarkan secara intensif. Demikian juga muhadasah dan conversation. Sehingga banyak santri yang juga belajar menghafal al-Qur’an. Dan kefasihan baca al-Qur’an, muhadatsah dan conversation adalah termasuk bagian ciri khusus pondok pesantren ini.

Disamping kegiatan pendalaman materi agama dan umum, para santri juga dibekali berbagai kegiatan keterampilan, antara lain, tata busana, seni kaligrafi, dan berbagai bentuk kegiatan keterampilan yang bisa menunjang kemandirian santri dalam berwiraswasta.

Pada tahun 2004 – 2006 pondok pesantren ini mulai membuka diri dengan menerima siswa SMK NU Banat menjadi santri pondok. Hal ini telah membuka pemikiran baru tentang materi pelajaran tutorial dan pengajian kitab kuning. Karena heteroginitas santri mulai tampak. Karena itu adaptasi pengembangan materi selalu dilakukan.

Namun peserta didik dari SMK untuk harus mondok tidak bisa bertahan dan berkelanjutan, akhirnya berakhir pada tahun ajaran 2006/2007.

Pada tahun 2005, pondok pesantren ini mulai mengembangkan sayap untuk menerima santri baik yang ada di program MAK, IPA, IPS, maupun BHS. Sejak ini dibukalah beasiswa pondok pesantren. Mereka adalah yang termasuk 40 besar hasil seleksi penerimaan peserta didik baru.

Sejalan dengan program ini, dibukalah madrasah diniyyah setingkat ‘ulya dengan kurikulum diniyyah murni ( tidak terkait dengan tutorial ) untuk membekali santri yang cenderung heterogen bidang keahliannya.

Berbagai fasilitas yang ada antara lain:

1. MA dengan program Pendidikan Keagamaan ( PK ), BHS, IPA, IPS.
2. Madrasah Diniyah ( MADIN ) setingkat ‘ulya.
3. Kopontren “ Al Barokah “.
4. Wartel.
5. Internet.
6. Musholla.
7. Aula.
8. Perpustakaan digital.
9. Lapangan olahraga.
10. Kegiatan bahsul masail.
11. Pengajian kitab sistim sorogan
12. Kegiatan pengajian al-Qur’an bittaghonni
13. Kegiatan senam dzikir, dll.

VISI

Terwujudnya Pondok Pesantren putri sebagai pusat keunggulan yang mampu menyiapkan dan mengembangkan SDM yang berkualitas di bidang IMTAQ dan IPTEK yang islamy dan sunny.

 
MISI

Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi kualitas, baik akademik, moral maupun sosial, sehingga mampu menyiapkan dan mengembangkan SDM berkualitas di bidang IMTAQ dan IPTEK dalam rangka mewujudkan baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.

TUJUAN

Membekali santri agar :

  1. Mampu memahami ilmu agama dan umum;
  2. Mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Memiliki ilmu keterampilan sebagai bekal hidup di masyarakat;
  4. Mampu berkomunikasi sosial dengan modal bahasa asing praktis (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris);
  5. Mampu memahami ilmu yang dibutuhkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.


Madrasah Aliyah Banat NU Kudus is one of the educational institutions in which of all participants were female students. The presence of Madrasah Aliyah Banat NU Kudus as an effort to realize the ideals of its founders who want to raise the degree of women through education to produce forces women educators who have an intellectual and akhlaqul karimah accordance with the teachings of Islam Ahlussunnah Waljama'ah.

Google Maps

KONTAK KAMI

MA NU BANAT KUDUS
Jl. KHM. Arwani Amin, Krandon - Kudus, Jawa Tengah 59314
Telepon : 0291 - 443143 atau 08112716150
Fax : 0291 - 443143
Sms Information : 085866665439 (No Replay)