Pramuka

By Admin 13 Des 2020, 23:07:57 WIB

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata "Poromuko" yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

MA NU Banat Kudus mempunyai wadah kegiatan untuk peserta didik diantaranya extra pramuka, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan serta mampu mejadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Kegiatan Extra Pramuka di MA NU Banat Kudus dilaksanakan setiap hari Rabu, adapun tujuan kegiatan pramuka dilaksanakan untuk memberikan pembinaan terhadap anggota-anggota yang berjiwa dan berwatak pramuka, berlandaskan iman dan takwa serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Membentuk kader bangsa patriot pembanungan yang memiliki jiwa bela negara.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Gambar 1. Kegiatan peserta didik dalam extra pramuka

Gambar 2. Peserta didik dalam upacara hari pramuka setiap tanggal 14 Agustus di halaman MA NU Banat Kudus


Kepala Madrasah

Kepala Madrasah
Shohibul Huda, M.Pd.